Kamis, 22 Desember 2011

Cara Memasarkan Produk


Memasarkan Produk Melalui Internet

Perkembangan teknologi saat ini mau tidak mau kita harus mengikutinya. Jika tidak, dapat mengikuti maka kita akan semakin tertinggal alias gaptek atau gagap teknologi. Demikian pula halnya dalam dunia bisnis.  Zaman dahulu orang berbisnis dengan cara barter yaitu dengan menukar barang dengan barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Caranya ada melalui tatap muka tetapi ada juga dengan meletakkan barang disuatu tempat yang sudah biasa digunakan untuk tukar menukar barang. Semakin berkembang zaman cara orang dalam mempromosikan barangnya juga semakin canggih, salah satunya adalah melalui internet.

Sistem penggunaan internet untuk memasarkan produk biasa disebut internet marketing sedangkan para pebisnis melalui internet disebut internet marketer. Sistem yang mengandalkan internet ini mengutamakan kepercayaan antara konsumen dengan penjualnya. Ini disebabkan penjual dan konsumen tidak bertatap mata langsung, tetapi melalui perantara komputer yang dihubungkan ke jaringan internet. Penggunaan sistem internet marketing memiliki keunggulan antara lain :

  1.  Penawaran yang tidak terbatas. Melalaui internet semua barang yang kita promosikan dapat dilakukan. Di internet semua barang dapat kita promosikan mulai dari pakaian, gedung atau perumahan, mobil, dan sebagainya. 
  2. Bisa diakses dimana saja. Melalui internet dapat memberikan peluang untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut dikarenakan penawaran suatu barang tidak hanya dalam satu wilayah saja, tetapi mencakup seluruh negara di seluruh dunia.
  3. Menekan biaya promosi. Dengan menggunakan jasa internet, pengeluaran untuk membuat iklan di media cetak, media massa dan media elektronik dapat dihindari. Hal ini dikarenakan dengan sistem marketing di internet, kita hanya membayar biaya sewa domain website. Atau kalau kita mempunyai blog, kita bisa memasarkan produk atau mempromosikannya melalui blog kita sendiri.
  4. Konsumen dapat melihat produk selama 24 jam. Internet tidak mengenal waktu, karena data yang sudah dibuat kita dapat diakses langsung secara online selama 24 jam. Hal ini membuat konsumen dapat melihat data produk yang kita promosikan setiap saat, kapan saja dan dimana saja.

Apabila anda memutuskan berpromosi atau memasarkan produk anda melalui jasa internet,  atau anda ingin mengembangkan usaha anda berikut ini langkah-langkah yang harus anda perhatikan.

  1.  Tentukan maksud Anda membuat pemasaran di website. Hal ini untuk memberikan arah tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang dicapai bisa meningkatkan penjualan atau untuk memberikan informasi yang jelas kepada konsumen tentang produk yang dijual.
  2.  Analisa pengunjung website anda. Website yang baik mempunyai rating yang tinggi. Artinya website anda sering dikunjungi orang. Usahakan website anda adalah website yang mempunyai traffick yang bagus sehingga banyak konsumen yang akan melihat website Anda dan memesan produk yang anda tawarkan
  3.  Buat judul yang menarik. Promosikan produk anda dengan hal-hal yang menarik misalnya dengan membuat sebuah animasi sesuai dengan barang yang anda tawarkan.


Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan dalam mempromosikan suatu produk melalui internet. Untuk lebih lengkapnya anda kunjungi toko-toko buku untuk mencari kepustakaan mengenai cara berpromosi melalui internet atau anda bisa kursus dulu melalui kurus internet online. Ada banyak jasa kursus internet marketing di internet. Semoga bermanfaat, wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambah sahabat dengan komentar, No Spam