Senin, 01 Oktober 2012

Merawat Komputer


Hallo sobat, apa kabarmu hari ini. Sudah lama ya kita nggak ketemu. Semoga baik-baik saja dan selalu dalam limpahan keberkahan-Nya, aamiin. Kali ini saya ingin bercerita tentang perawatan kompi (komputer) yang saya alami sendiri. Baru-baru ini saya menginstal ulang kompi. Sebelum menginstal saya non aktifkan dulu defreez nya, kemudian saya restart. Setelah di restart windowsnya tak muncul-muncul. Lama menunggu akhirnya kompi (komputer) saya matikan dan saya tidak tahu apakah defreeznya sudah non aktif atau belum.

Pertama saya bersihkan PC dari debu yang melekat. Wah ternyata debunya banyak minta ampuun. Setelah bersih, Saya hidupkan kembali kompi, masih sama (windowsnya tidak muncul). Hati mulai bertanya-tanya, ada apa gerangan.




Ahh, mungkin kena virus. jadi langsung saya install ulang saja, tanpa ba bi bu. Dalam menginstal ternyata filenya ada yang tidak bisa di copy, tapi pantang mundur saya teruskan menginstal. Alhasil, install windows sukses tak sempurna, lanjut install office sukses, begitupun dengan aplikasi lainnya. Nah pas mau memasukkan ip adrees, my network place kosong kalau di klik dan kompi dengan sempurna tidak nyambung ke internet. Wah masalah baru muncul. 

Saya lihat device manager ternyata banyak warna kuning bertanda serunya. Untuk anda yang belum kenal dengan device manager mari saya kenalkan, caranya : 

-      
Klik kanan my komputer pada desktop
 
Pillih properties

Muncul tab system properties
-
Klik tab hadware
-
Klik device manager

Pada tab ini, kalau ada file-file yang kurang biasanya akan ditandai dengan warna kuning bertanda seru.

Untuk melengkapinya saya update dengan memasukkan cd driver yang diperlukan. 
caranya : 

-      
Klik kanan icon yang ada tanda serunya
 
Pilih update driver

Sukses, tinggal adapter controller. Saya update seperti tadi. Jalan updatenya, tapi setelah lama menunggu tidak ada tanda-tanda mau selesai. Tidak ada juga perintah untuk mengganti cd atau men-cancelnya. Saya tunggu 1 jam lebih tidak ada juga ada hasil. Alhasil saya bosan, putuskan saja hubungan dengan kompi hehee kayak orang pacaran. 

Masih penasaran, saya cabut lan cardnya, kemudian memindahkan ke kompi tetangga. Ternyata pada kompi tetangga koneksi lancar dan aman. Kesimpulan lancardnya masih bagus. Lalu mengapa……….

Saya pasang lagi dan ulang install. Kali ini menggunakan cd kawan sekaligus guru saya (dia yang mengenalkan saya dengan kompi dan cara menginstal secara tidak langsung) hasil tetap sama alias nihil. Saya benar-benar bosan bercampur marah juga pasrah tapi tak rela. 
Saya diamkan beberapa hari, biar tahu rasa kompinya. Meranalah engkau dan aku menanggung rindu huhu tak bisa ol. 
Setelah bertapa beberapa hari, dengan kekuatan baru saya buka kembali kompi. Setengah yakin, Saya cek kabel beberapa bagian, lalu saya pasang kembali termasuk lancardnya.  Eee tak disangka tak dinyana langsung meluncur dengan mulus. Bertemu kembali dengan mbah google alias koneksinya langsung nyambung. Itu ceritaku mana ceritamu. 


Kesimpulan :

Untuk saudaraku yang suka otak atik komputer, kalau ada kendala jangan cepat menyerah. Usahakan dulu semaksimal kemampuan yang ada sebelum jasa servis diperlukan.
Demikian, semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambah sahabat dengan komentar, No Spam