Sabtu, 21 Januari 2012

Pendaftaran SNMPTN 2012



Kamu yang sekarang duduk di kelas XII tentu harus segera mempersiapkan diri menghadapi pendaftaran jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) secara serentak pada 1 Februari mendatang.

Berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru dibuka oleh PTN di Tanah Air. Secara umum, penerimaan mahasiswa baru di PTN terbagi menjadi dua, yakni jalur mandiri dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

SNMPTN 2012 terdiri atas dua jalur, yaitu Jalur undangan serta ujian tulis dan keterampilan. Jalur undangan diperuntukkan bagi kamu para pelajar dengan prestasi akademis baik namun memiliki keterbatasan dalam kemampuan ekonomi.

Mekanisme penerimaan melalui jalur undangan diawali dengan pendaftaran serentak di seluruh PTN pada 1 Februari hingga 8 Maret 2012. Para pelajar yang dapat mendaftar melalui jalur ini merupakan pelajar yang berasal dari sekolah yang menerima undangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengikuti jalur tersebut.

Hasil seleksi jalur undangan ini akan diumumkan pada 25 Mei 2012. Sementara proses registrasi mahasiswa baru jalur undangan dilakukan pada 12-13 Juni 2012.

Pendaftaran untuk SNMPTN jalur tertulis dan keterampilan akan dibuka pada 10-31 Mei 2012. Ujian tertulis yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tugas Bidang Studi Dasar, dan Tes Bidang Studi IPA serta IPS akan dihelat pada 12-13 Juni 2012.

Ujian keterampilan akan digelar pada 14 dan 15 Juni 2012. Pengumuman penerimaan melalui jalur ujian tertulis dan keterampilan ini akan diberitahukan pada 7 Juli 2012.

Biaya pendaftaran kedua jalur SNMPTN 2012, tidak mengalami perubahan dari tahun lalu. Untuk jalur undangan, para pendaftar dikenakan biaya Rp175 ribu. Sementara untuk jalur ujian tertulis dan keterampilan, pelajar jurusan IPA dikenakan biaya Rp150 ribu dan kelompok IPC Rp175 rb. Peserta yang mengikuti ujian keterampilan harus membayar Rp150 ribu ketika akan mengikuti ujian tersebut.

Apa sebenarnya SNMPTN Jalur Undangan?
SNMPTN Jalur Undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis atau keterampilan. Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.

Apakah semua sekolah bisa mengikuti jalur ini?
Tidak semua sekolah bisa mengikuti jalur ini. Hanya sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN yang bisa merekomendasikan siswanya mengikuti seleksi di jalur undangan.

Di mana bisa tahu bahwa sekolahmu termasuk yang diundang?
Daftar sekolah yang diundang bisa dilihat di laman resmi SNMPTN Jalur Undangan (http://undangan.snmptn.ac.id).

Bagaimana jika sekolahmu belum terdaftar ?
Kepala sekolahmu dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.

Apa sih syaratnya agar sekolahmu bisa mengikuti jalur ini?
Jalur ini dapat diikuti oleh SMA/SMK/MA/MAK baik negeri maupun swasta yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-SM) atau lainnya, dan atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

Jika sekolah saya terdaftar di laman itu, saya sudah pasti bisa mendaftar di jalur undangan?
Belum tentu. Selain duduk di kelas terakhir yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 2012, kamu harus memperoleh rekomendasi kepala sekolah. Selain itu, memiliki kesehatan memadai yang tidak mengganggu pembelajaran di perguruan tinggi serta tidak buta warna bagi program studi tertentu.

Apa syarat untuk mendapatkan rekomendasi kepala sekolah?
Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh kepala sekolah, yaitu masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester tiga, empat, dan lima dengan ketentuan berdasarkan akreditasi. Akreditasi yang dimaksud adalah akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK.
Ada perinciannya?
Akreditasi A: 50 persen terbaik dan konsisten di semester tiga, empat, dan lima. Akreditasi B: 30 persen terbaik dan konsisten di semester tiga, empat, dan lima. Akreditasi C: 15 persen terbaik dan konsisten di semester tiga, empat, dan lima. Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa Indonesia berdasarkan nilai pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012. 

Pendaftaran SNMPTN
Jika tahun lalu, pendaftaran SNMPTN harus dilakukan di universitas tujuan, maka pada 2012 para pelajar tidak perlu melakukannya lagi.
Mereka bisa mendaftar SNMPTN sesuai minat dan bakat meski berada jauh dari kampus tersebut.

Hal ini disampaikan Managing Director Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman dalam peluncuran SNMPTN 2012 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

"Jadi, pelajar yang ada di Padangsidempuan misalnya, tidak perlu datang ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk mendaftar. Mereka bisa langsung melakukan pendaftaran di sana," kata Abdul di Kemendikbud, tadi malam.
Abdul menyebutkan, Bank Mandiri selaku mitra kerja sama dalam SNMPTN 2012, juga mencoba memberikan kenyamanan dalam pembayaran biaya pendaftaran SNMPTN melalui berbagai cara. 

"Pembayaran tidak lagi harus dilakukan dengan mendatangi bank secara langsung, tapi bisa lewat internet (e-banking), pembayaran via SMS, transfer lewat ATM, dan sebagainya," ujarnya.

Penambahan fasilitas ini, lanjutnya, bertujuan mempermudah akses bagi para calon mahasiswa yang berada di lokasi-lokasi terpencil sekalipun. 

"Berbagai fasilitas ini memungkinkan para calon mahasiswa melakukan pembayaran di luar hari dan jam kerja. Apalagi biasanya mereka memang suka melakukan pendaftaran pada tiga hari menjelang penutupan. Maka, fasilitas ini akan mempermudah mereka," kata Abdul menjelaskan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Umum SNMPTN 2012, Akhmaloka mengungkapkan, penyelenggaraan SNMPTN kali memang tidak biasa. "SNMPTN 2012 bukan SNMPTN biasa. Pada 2012, SNMPTN berfokus pada pemantapan dan integrasi antara Bidik Misi dengan SNMPTN," kata Akhmaloka.

Dia mengatakan, meski ada beberapa perubahan dalam SNMPTN, untuk biaya pendaftaran SNMPTN ujian tertulis tetap sama seperti tahun lalu. "Untuk kelompok IPS dan dikenakan biaya Rp150ribu. IPC sebesar Rp175ribu sementara untuk ujian keterampilan sebesar Rp150ribu per orang dan dibayarkan pada saat mengikuti ujian tersebut," ujar Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Terdapat berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru pada sebuah perguruan tinggi, yakni ujian mandiri, reguler (SNMPTN), maupun Bidik Misi. Tahun ini, jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang memiliki kuota terbesar adalah SNMPTN, baik jalur undangan maupun ujian tertulis dengan komposisi minimal 60 persen dari seluruh bangku yang tersedia di PTN tersebut.

Pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambah sahabat dengan komentar, No Spam