Selasa, 27 Desember 2011

Membangun Kawasan Rekreasi di Riau


Raja Matahari Akan Bangun Kawasan Rekreasi di Riau 


Selama ini kita mengenal Riau adalah daerah penghasil minyak. Salah satu provinsi  penyumbang devisa terbanyak.   
Income per kapita warga Riau di atas rata-rata nasional. Namun sayang di bidang pariwisata Riau belum di kenal orang. Inilah alasan Bos Matahari Grup, Hari Darmawan, akan membangun kawasan rekreasi modern di Riau.
Rencana itu diungkapkan pendiri ritel Matahari Departemen Store (MDS) ini, Jumat (9/12) dalam penjajakan melihat potensi wisata Riau di Kantor Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Riau.

"Informasi yang saya dapatkan, income perkapita penduduk Riau terus meningkat dari tahun ke tahun. Itu artinya kebutuhan lifestyle masyarakat Riau juga semakin tinggi. Buktinya sejumlah mal dan pusat perbelanjaan juga berkembang pesat. Semuanya itu akan jadi komplementer dengan kebutuhan rekreasi," ucap pemilik kawasan Taman Wisata Matahari di Bogor ini.

Kedatangan Hari Darmawan ke Riau yang difasilitasi pengusaha muda dan tokoh masyarakat asal Medan, H Syamsul Syarif dan mantan pimpinan Bank Bukopin Bandung, Herliansyah ini, merupakan kunjungan keduanya setelah 20 tahun lalu saat membuka ritel Matahari pertama di Plaza Citra.

"Terakhir kali saya berkunjung ke Riau 20 tahun lalu untuk membuka ritel Matahari di Plaza Citra. Kondisi Kota Pekanbaru sangat jauh berbeda. Jika dulu hanya kita yang membangun pusat belanja empat lantai, sekarang sudah berkembang pesat," ucapnya seraya mengatakan, saat ini investasi di bidang rekreasi menjadi primadona dibanding investasi di bidang lain.

Disambut Baik
Untuk mengembangkan kawasan rekreasi keluarga ini, kata Hari Darmawan, dia membutuhkan areal seluas 50 hektare. Dengan konsep full family recreation, kawasan rekreasi ini juga diharapkan mampu mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitarnya.

"Kita perlu lahan minimal 50 hektar. Dengan konsep full family, kita akan kembangkan kawasan tersebut seperti yang di Taman Matahari Bogor. Dengan adanya kawasan ini, tentu juga akan mendatangkan barang-barang dagangan lainnya," ucapnya.

Kepala Bidang Fasilitasi Investasi BPPM Riau, Hamsani dan Wakil Ketua Kadin Riau, Viator Butar-Butar menyambut baik keinginan Hari Darmawan untuk menggali potensi wisata di Riau.

Dikatakan Hamsani, Pemprov Riau siap memfasilitasi dan memberikan informasi yang dibutuhkan. "Kita sangat mendukung wacana pengembangan lokasi rekreasi ini.
Pemprov Riau siap membantu dan akan memberikan informasi yang dibutuhkan. Begitu juga dengan masalah pengurusan izin, setiap investor yang masuk ke Riau akan kita permudah," ujarnya.

Sementara itu, Viator Butar-Butar yang juga Ketua Tim Pemantapan Investasi Riau mengatakan kiprah Hari Darmawan selaku tokoh enterpreneur tak perlu diragukan lagi. Menyambut niat investasi ini, Viator juga memaparkan berbagai peluang investasi lain yang bisa dikembangkan di Riau.

"Kita sangat support tokoh entepreniur ini berinvestasi melalui potensi wisata di Riau. Makanya kita juga mempresentasikan semua peluang yang bisa dikembangkan. Tapi kali ini nampaknya beliau memang sangat tertarik mengembangkan kawasan rekreasi," katanya

Sumber : 
Inilah.com melalui Harian Haluan Riau 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambah sahabat dengan komentar, No Spam